UA-53529049-1

Hati-hati Anda Bisa Kebanjiran Informasi

Diposting oleh Masruri on Rabu, 18 April 2012

Di era informasi seperti saat ini kita dengan sangat mudah mendapatkan informasi. Beragam media menghiasi hari-hari kita dengan berbagi macam informasi seperti televisi, koran, majalah, radio, internet dll. Satu pertanyaan di benak saya, apakah semua informasi yang kita serap sehari-hari merupakan informasi yang kita butuhkan. Hati-hati bila selama ini informasi yang masuk ke pikiran anda adalah informasi yang tidak berguna atau bahkan informasi yang negatif yang berdampak buruk bagi kehidupan anda. Berita-berita yang disajikan di televisi dan koran rata-rata adalah berita negatif, hanya sedikit yang bermanfaat. Mengapa berita
di televisi dan koran kebanyakan negatif? ternyata oh ternyata ada sebuah slogan dalam industri media yaitu "Bad news is Good" yang artinya berita buruk adalah baik. Bila kita lihat lebih mendalam ternyata berita-berita buruk malahan laris dan diburu banyak orang. Kita beralih ke media informasi yang lain yaitu internet. Internet menjadi pilihan kebanyakan orang saat ini karena kecepatannya dalam memberikan informasi. Bila anda selalu terhubung dengan internet anda pasti akan mendapat banyak informasi yang up to date dan banyak pilihan. Di internet kita tak bisa memilah-milah informasi karena begitu banyaknya informasi di internet. Berita baik atau buruk semua tersedia, sekarang tergantung bagaimana kita bisa memilih informasi yang bermanfaat dan tidak overload alias kebanjiran. Mengenai bagaimana cara kita mengatasi kebanjiran informasi di era informasi berikut ini saya bagikan tips-tips dalam mengatasi kebanjiran informasi:

- Fokus pada satu masalah/tugas yang harus anda
selesaikan hari ini (atau lebih baiknya, selama beberapa jam kedepan), hanya konsumsi informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas itu dan kemudian coba apakah itu bisa berjalan. Ulangi proses itu sampai masalah itu terpecahkan.
- Catatlah sumber informasi apa yang paling bisa diandalkan dan membantu sebagai referensi di masa
mendatang.
- Jangan konsumsi konten hanya karena anda ingin untuk membaca, untuk menunda karena sensasi untuk selalu “up to date”, atau untuk terhibur.

Semoga bermanfaat.


{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar